Struktur System Windows
Windows
mulai dari Windows 2000 dan seterusnya adalah satu contoh berpengaruh nyata
dari gelombang baru dalam sistem operasi komputer mikro (contoh lain adalah
Linux dan MacOS). Windows dipandu oleh suatu kebutuhan untuk memanfaatkan
kemampuan proses dari hari ini 32 – bit dan 64 mikroprosesor bit, yang mana
dalam sebuah mainframe dan hanya beberapa tahun silam di kecepatan,
kesempurnaan perangkat keras, dan kapasitas memory.
-Arsitektur
Gambar
di atas merupakan struktur dari keseluruhan keluarga Windows yang ada sampai
saat ini. Struktur modular yang memberikan fleksibilitas Windows ini didisain
untuk meng-execute pada berbagai platform perangkat keras dan aplikasi
pendukung disertakan dalam berbagai sistem operasi lain.
Client/Server
Model
Layanan
Sistem operasi Windows, memproteksi subsistim, dan aplikasi-aplikasi adalah
struktur penggunaan klien / server model komputasi, yaitu satu umum model untuk
perhitungan terdistribusi dan yang didiskusikan di Bagian Enam. Arsitektur yang
sama ini dapat diadopsi untuk mempergunakan internal ke satu sistem tunggal,
seperti halnya kasus dengan Windows.
Native
NT API adalah layanan seperangkat dasar Kernel yang menyediakan abstrak inti
dipergunakan oleh sistem, proses seperti itu, threads, virtual memory, I/O, dan
komunikasi. Windows menyediakan satu setelan jauh lebih kaya dari jasa dengan
mempergunakan klien/server model untuk menerapkan kemampuan di proses
mode-pengguna.
Kedua lingkungan subsistim dan jasa user-mode Windows diterapkan seperti proses tersebut berhubungan dengan klien melalui RPC. Masing-masing server proses menunggu satu permintaan dari satu klien untuk salah satunya dilayani (seperti service memory,layanan memproses ciptaan, atau layanan networking). Satu klien, yang dapat satu program aplikasi atau program server lain, permintaan satu jasa dengan mengirimkan satu pesan. Pesan ditaklukkan melalui Eksekutif ke server yang sesuai. Server melaksanakan operasi yang diminta dan mengembalikan keterangan hasil atau status atas pertolongan pesan lain,yaitu taklukkan melalui Eksekutif kembali ke klien.
Kedua lingkungan subsistim dan jasa user-mode Windows diterapkan seperti proses tersebut berhubungan dengan klien melalui RPC. Masing-masing server proses menunggu satu permintaan dari satu klien untuk salah satunya dilayani (seperti service memory,layanan memproses ciptaan, atau layanan networking). Satu klien, yang dapat satu program aplikasi atau program server lain, permintaan satu jasa dengan mengirimkan satu pesan. Pesan ditaklukkan melalui Eksekutif ke server yang sesuai. Server melaksanakan operasi yang diminta dan mengembalikan keterangan hasil atau status atas pertolongan pesan lain,yaitu taklukkan melalui Eksekutif kembali ke klien.
Threads
and SMP
Dua karakteristik penting dari Windows adalah ini mendukung untuk
menyusupkan symmetric multiprocessing (SMP), keduany diperkenalkan di Bagian
2.4. [RUSS05] daftar-daftar fitur dari Windows mendukungan THREADS dan SMP:
•
Compatible OS dapat berjalan pada prosesor apapun yang tersedia, dan yang
berbeda dapat laksanakan secara bersamaan pada prosesor berbeda.
•
Windows mendukung penggunaan dari multiple threads dari pengeksekusian diantara
proses tunggal. Multiple threads pada proses yang sama mungkin mengeksekusi
pada prosesor berbeda secara serempak.
•
Proses server mungkin mempergunakan multiple threads untuk memproses permintaan
dari lebih dari satu klien secara serempak.
•
Windows menyediakan mekanisme untuk berbagi data dan sumber daya di antara proses dan
kemampuan komunikasi interproses.
Threads
Windows
Windows
mengunakan Win32 API sebagai API utama dalam hampir semua sistem
operasi
Microsoft. Selain itu windows mengimplementasi model relasi One-to-One,
dimana
terdapat satu kernel thread yang berasosiasi dengan masing – masing user
thread.
Thread pada windows secara umum mempunyai komponen sebagai
berikut
:
·
Thread ID
·
Register set
·
User stack dan kernel stack
·
Private storage area.
Register
set, stacks dan private data storage disebut sebagai context dari sebuah
thread.
Struktur data utama dari sebuah thread :
·
ETHREAD (executive thread block)
·
KTHREAD (kernel thread block)
· TEB
(thread environment block)
Semoga bermanfaat.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar